Pengalaman Ikut Tes Kerja di Obormas
Tes Kerja di Obormas? Gimana yah tahapannya? Cuss, kita bahas.
Hi, welcome to my blog. Disini aku mau berbagi pengalaman tentang tes kerja yang pernah aku jalani. So, aku dapet informasi dari story fb seseorang mengenai jadwal penerimaan karyawan baru di Koperasi Obormas. Waktu penerimaan cukup lama yaitu dari tanggal 22 November 2021 - 18 Desember 2021 gapake lama dong langsung aku siapin berkas-berkasnya.
Tahap 1 Seleksi Administrasi, dokumen yang diperlukan Surat Lamaran (tulis tangan), CV (tulis tangan), Pas Foto, FC KTP, FC Transkip Nilai & Ijasah, Surat Keterangan Belum Menikah dan Surat Kelakuan Baik dari Desa/Kelurahan. Dokumen tersebut dimasukan kedalam map. Oh iya btw, posisi yang dibuka administrasi, pemasaran, driver & security. Pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 5 januari 2022. Dan aku lolos tahap administrasi.
Tahap 2 Seleksi Tes Pengetahuan Umum, Tes Komputer dan Wawancara
Setelah lolos, aku diberikan nomor testing yang nantinya akan digunakan saat melalui tahap kedua.
* TPU (Tes Pengetahuan Umum) 11 Januari 2022,
Aku melalui TPU, inget banget ada 30 nomor soal waktu yang diberikan kalau tidak salah 60 menit. Yang ditanyain yah memang pengetahuan umum tentang koperasi dan Koperasi Obormas itu sendiri, seperti koperasi primer, koperasi sekunder, tanggal ultah obormas, menteri koperasi indonesia, koperasi dunia lahir dimana, dll. Ada juga soal hitungan tapi cuman dua nomor kok, tentang perbandingan berbalik nilai/perbandingan senilai dan perhitungan bunga.
* Tes Komputer 17 Januari 2022,
Untuk tes komputer sendiri, kita gaperlu tuh bawa laptop karena sudah disediakan oleh panitia rekrutmen. Materi yang diujikan ada 3 yaitu Ms.Word. Ms. Excel, dan Ms.Powerpoint. Kami diberikan Contoh Surat Pengajuan Pinjaman (3 halaman) untuk diketik , Tabel untuk nantinya disalin ke komputer lalu dihitung hasilnya menggunakan rumus excel, dan Brosur yang nantinya harus dibuat pada powerpoint. Waktu pengerjaan kalau tidak salah sekitar 90 menit.
Aku mulai mengerjakan word terlebih dahulu, karena banyak yah yang harus diketik. Untuk permintaan lainnya Times New Roman 12, Spasi 1,5 , Sisanya ya mengikuti semua persis seperti yang ada pada contoh.
Setelah itu aku mulai membuat tabel pada excel,ga banyak sebenernya tapi agak makan waktu karena rumus ku ada yang keliru, tapi akhirnya bener kok hehehe. Beberapa rumus yang digunakan SUM, MIN, MAX,AVERAGE,IF seinget aku sih itu hehehe.
Terakhir, baru deh ngerjain powerpoint. Brosur yang kita punya menjadi acuan untuk membuat slide powerpoint, mulai dari gambar, warna, dan tulisan. Gunakan gambar yang tersedia pada komputer, apa aja bebas sekreatif mungkin. Jangan lupa untuk memasukan animasi pada slide atau tulisan yah.
Jangan Lupa, buat folder dengan nama klian_no testing lalu semua file masukan kedalam folder tadi.
* Wawancara 24 Januari 2022
Wawancara dibagi menjadi 2 yaitu Wawancara Pengurus & Wawancara General Manager. Untuk wawancara pengurus lebih banyak menanyakan tentang diri kita sendiri & pendapat kita mengenai mutu kerja, human erorr dll, ditambah lagi dengan Public Speaking dengan tema yang sudah kita punya.
Setelah mengikuti semua tes, tinggal menunggu hasilnya yang akan diumumkan tanggal 4 Februari 2022, namun karena satu dan lain hal, hasil tes di undur menjadi tanggal 14 Februari 2022. Jadi, saat ini aku lagi nungguin hasilnya guys, doain yah semoga aku lolos AMIN :)
Thankyou, see u on my next blog baiiii.
Komentar
Posting Komentar